Program Otomatis Keluar atau Loading Ketika Menginput Barang Tertentu

13/07/2019 12:26

Kasus ini biasa terjadi jika item barang tertentu itu mengalami kerusakan. Oleh sebab itu dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk penelusuran masalah:

1. Langkah pertama memastikan nama barang di Master Data Barang tidak mengandung  karakter sbb ', ", &, spasi di awal atau di akhir nama barang. Jika ada, dapat dihilangkan karakter tsb.

2. Jika langkah pertama belum berhasil, maka Langkah selanjutnya adalah mengcompact database lewat program. Silahkan klik Link di bawah ini, untuk Cara Compact Database:

cms.sistekom.webnode.com/news/cara-compact-database-melalui-program-art-system/

Jika sudah selesai mencompact database, silahkan mencoba menginput barang yang bermasalah tadi di faktur penjualan atau pembelian. Kalau masih bermasalah atau terjadi error, maka barang tersebut sudah rusak sehingga dianjurkan membuat barang baru dan menSUSPEND barang lama yang rusak.

3. Cara membuat barang baru:

- Dalam hal ini, selain kode, untuk data barang lainnya (nama barang, harga barang, dll) dapat disamakan dengan barang lama. Ex: 12345 (Kode Lama) ---> 123450A (kode baru)

- Selanjutnya stock barang lama(rusak) dijadikan NOL melalui proses Adjustment. Dan memasukkan stock barang lama ke data stock barang baru(abaikan bila tidak memperhatikan stock). Langkah Adjustment dapat klik Link berikut dibawah ini:

cms.sistekom.webnode.com/news/cara-adjustment-stock/

4. Setelah melakukan langkah di atas, buka kembali Form Master Barang.

5. Panggil kode stock barang lama yang rusak itu, dan klik centang SUSPEND, kemudian SAVE.

Selamat mencoba!!!

 

 

 

 

 

Back